Kamis, 05 Desember 2013

Jambu Merah Satu Produk Unggulan Kota Depok


Manfaat Jambu Biji

Jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang tinggi dan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. Dan biasanya kandungan vitamin C paling banyak terdapat pada daging dan kulit jambu biji apalagi ketika buah akan matang. Dengan kandungan vitamin C ini, salah satu manfaat jambu biji adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat jambu biji ditunjang dengan adanya kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Pektin inilah yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Mengenai hal ini, pernah dilakukan penelitian oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad, India. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa jambu biji mampu membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

Kandungan likopen dari buah ini juga tidak sedikit. Zat likopen yang berlimpah pada jambu biji ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit kanker, dan juga melindungi tubuh dari antioksidan. Jambu biji juga mengandung zat – zat lain yang tak kalah penting seperti triterpinoid, eugenol, zat samak, damar, asam apfel dan tanin.

Manfaat Jambu Biji

Dengan resep2 yang tepat kita bisa memperoleh manfaat dari jambu biji yang beragam.Berdasarkan Dokumentasi PDII-LIPI dan Parimin S.P., manfaat jambu biji dapat digunakan untuk mengobati penyakit dengan beberapa resep penyajian sebagai berikut:
·                     Jambu Biji untuk memperkuat jantung, antikanker, dan memperlancar sistem pencernaan.Kamu bisa membuat jus dari jambu biji, apel dan melon.Lalu setelah ke 3 buah itu dicampur, tambahkan madu murni sekitar 100 cc.Kemudia campuran itu diblender dan diminum setiap pagi dan sore.
·                     Jambu biji mengatasi penyakit maag.Pertama, siapkan 8 helai daun jambu biji.Setelah itu, cuci daun itu dan rebus dengan menggunakan air sebanyak 1,5 liter.Minum air rebusan ini 3x sehari.
·                     Jambu Biji untuk mengobati Disentri.Pertama, sediakan daun dan akar jambu biji secukupnya.Lalu potong hingga menjadi potongan kecil, cuci dengan air bersih, dan rebuslah daun dan akar tadi.Setelah itu, tinggal diminum sampai kamu tidak mengalami disentri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar